Dalam teater kemanusiaan, diskursus mengenai perempuan sudah ada sejak manusia itu dilahirkan, baik status, tugas, juga hak dan kewajiban. Perkembangan pemikiran seiring dengan paradigma masyarakat pada masanya (gradual), begitu dalam dengan masalah perempuan.
Pada awalnya tugas dan peranan perempuan berada pada bidang mengurusi anak, rumah dan sekitarnya (domestik) kemudian kini mulai merambah pada sektor publik. Isu marginalisasi satu jenis dari lainnya serta beberapa perilaku ketidak adilan menjadi headline pembicaraan masyarakat. Begitu pula halnya dengan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). (1)
Pada awalnya tugas dan peranan perempuan berada pada bidang mengurusi anak, rumah dan sekitarnya (domestik) kemudian kini mulai merambah pada sektor publik. Isu marginalisasi satu jenis dari lainnya serta beberapa perilaku ketidak adilan menjadi headline pembicaraan masyarakat. Begitu pula halnya dengan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). (1)
Sejak berdirinya, kontribusi besar perempuan sudah nampak. Hal itu dapat dilihat pada sosok dan peran aktif dua orang hawa yaitu Maesaroh Hilal dan Siti Zaenah1 yang secara struktural terlibat dalam kepengurusan (Maesaroh Hilal bendahara II). Kemudian menyusullah HMI-Wati lainnya seperti Tejaningsih, Siti Baroroh Bried, dan Tujimah. Mereka adalah inang–inang pengasuh HMI pada awal kelahiran KOHATI. (2)
Dari tahun ke tahun, pase ke pase berikutnya aktifitas dan peran HMI-Wati include dalam rangkaian kegiatan organisatoris HMI dengan mengikuti dinamikanya mulai dari revolusi fisik, mempertahankan kedaulatan sampai dengan pemberontakan PKI. Pada masa orde lama, orde baru dan reformasi, internal organisasi, secara nominal, data base anggota HMI terus meningkat. The sleeping giant mungkin julukan yang dapat dilekatkan pada HMI- Wati saat itu karena potensi yang sangat besar yang dimiliki, akan tetapi perempuan hanya menjadi objek pengkaderan saja di HMI.
Masalah-masalah kewanitaan di HMI semula kurang mendapat porsi pengarapan yang wajar. Kegiatan-kegiatan HMI-Wati hanya ditampung dalam bentuk seksi atau departemen keputrian. Dalam kaderisasi informal, HMI-Wati ditempatkan pada bagian- bagian yang kurang strategis (seksi komsumsi, perlengkapan, paling tinggi sekretaris) untuk menunjukkan peran dan potensi mereka yang sebenarnya, jarang sekali HMI-Wati diposisikan pada bagian yang layak disandang.
Secara kualitas, kader kader HMI-Wati memiliki potensi besar untuk itu, tapi budaya patriarki yang masih merambah dalam aktifitas HMI sehingga menyulitkan HMI-Wati untuk tumbuh dan berkembang. Belum lagi image tentang kiprah aktivis perempuan yang dibatasi oleh perspektif lingkungan sekitarnya pun membuat HMI-Wati makin tertinggal dalam hal kaderisasi. HMI secara organisasi memiliki konsep pengkaderan yang sangat mapan di bandingkan dengan organisasi pemuda lainnya, seharusnya tidak memandang bulu dalam menjalankan roda organisasi.
Tetapi segala bentuk kemapanan akan melahirkan pergolakan HMI-Wati mulai sadar bahwa potensi mereka perlu ditingkatkan dari hanya sekedar objek menjadi subjek, sehingga mereka dapat mengembangkan diri secara khusus dan dibutuhkan adalah sebuah wadah akselerator tersendiri bagi kaderisasi HMI-Wati, dengan tidak menafikkan ruang yang sudah ada. (3)
Maka lahirlah ide pembentukan KOHATI.
Gagasan pembentukan KOHATI lahir pas musyawarah kerja HMI Jaya pada tanggal 12 desember 1965 dengan maksud lebih meningkatkan kualitas dan kuantitas anggota HMI Putri dan ikut serta dalam melaksanakan cita- cita perjuangan bangsa melalui satu wadah dan membentuk HMI-WAti menjadi kader- kader yang peduli pada organisasi kemasyarakatan, sosial politik serta bidang kewanitaan.(4)
Kemudian KOHATI dikukuhkan dengan surat keputusan no 239/A/Sek/1966 tertanggal 11 juni tentang pembentukan Korp HMI Wati.
Kemudian KOHATI dikukuhkan dengan surat keputusan no 239/A/Sek/1966 tertanggal 11 juni tentang pembentukan Korp HMI Wati.
Untuk sementara korp ini dibentuk dalam tingkatan cabang, komisariat dan rayon dengan status semi otonom. Pembentukan KOHATI secara nasional dilaksanakan pada kongres VII HMI di Surakarta tanggal 10-17 september 1966, dalam sub komisi musyawarah HMI-Wati telah memtuskan mendirikan Korps HmI-Wati disingkat KOHATI tanggal 17 september 1966.(5)
Dalam buku lain dijelaskan latar belakang berdirinya KOHATI karena situasi politik akibat meletusnya Gestapu /PKI. Untuk mempersatukan seluruh guna menumpas kekuatan gerakan 30 september, muncullah kesatuan kesatuan aksi termasuk Kesatuan Aksi Wanita Indonesia (KAWI). Dan sebagai perwakilan HmI-Wati dibentuklah KOHATI. Selain itu situasi intern HMI sendiri, didirikan lembaga-lembaga khusus yang bertujuan mengembangkan keahlian dari anggotanya. Lahirlah KOHATI dimaksudkan untuk meningkatkan dan mengembangkan kegiatan serta pembinaan HMI-Wati di bidang kewanitaan baik intern maupun ekstern HMI.
Agusalim dalam makalah yang disampaikan pada seminar sejarah KOHATI di Yogyakarta 19-20 november 1982, memaparkan bahwa yang menjadi latar belakang berdirinya KOHATI adalah:
- Karena semangat dan jiwa islam yang tertanam pada setiap anggota HMI- Wati yang menempatkan wanita pada tempat wajar.
- Karena semangat dan realisasi emansipasi wanita yang diperjuangkan oleh RA Kartini.
- Karena tuntutan HMI sendiri, karena secara kuantitas maupun kualitas memungkinkan sekali mendirikan KOHATI sebagai badan khusus yang bergerak di bidang kewanitaan.
- Kondisi intern yaitu dengan berdirinya sebagai korp di kalangan angkatan bersenjata, memacu semangat HMI-Wati mendirikan wadah sejenis.
- Faktor politik, agar HMI-Wati ikut bersama kelompok wanita lain bekerjasama menumpas Gestapu/ PKI.
- Karena berdirinya lembaga –lembaga khusus dalam HMI seperti LDMI, LKMI, LSMI, LPMI, LAPMI, dan lain lain.
- Dalam rangka peningkatan dan pengembangn kegiatan dan pembinaan HMI-Wati di bidang kewanitaan dalam rangka pembentukan kader HMI-Wati sebagai patriot komplit.
Seperti yang dilaporkan PB HMI bahwa perkembangan KOHATI sangat cepat karena HMI sebagai induknya sudah ada di berbagai cabang, komisariat, rayon di Indonesia. Pada usianya yang kedua setengah tahun, KOHATI berhasil membentuk 70 cabang dari 110 cabang HMI.
Dari perkembangan ini, dibeberapa tempat konflik organisatoris disebabkan adanya penyempurnaan organ KOHATI. Konflik tersebut timbul karena HMI kurang mampu mengelola organisasi dengan baik, sehingga KOHATI terdorong kearah eksklusif. Hal ini pun diakui KOHATI sendiri. Akibatnya dibeberapa cabang terjadi “salah tindak” dan “salah pengertian” antar HMI-Wan dan HMI-Wati yang menimbulkan penilaian negatif terhadap KOHATI, seperti anggapan bahwa HMI- Wati mengalami eksklusifisme dan sentrifugalisme.
Akibatnya HMI mengangap KOHATI ingin melepaskan diri dari HmI, ini semua terjadi karena kurangnya koordinasi HMI. Adalah sangat wajar apabila sebuah komunitas yang heterogen dipertanyakan masalah keterbukaan terhadap eksponen diluar komunitasnya. Terlebih lagi tidak semua HMI-Wati masuk dan beraktifitas didalam wadah KOHATI. Bukan berarti berbicara KOHATI menafikan peran HMI-Wati di luar struktur akan tetapi secara organisatoris, berbicara KOHATI adalah berbicara kebutuhan dan kepentingan HMI-Wati. Dan peran mereka pun patut diperhitungkan tidak dapat dipungkiri, terkadang HMI-Wati tidak mengerti lembaga KOHATI dan sering kali mereka mengangap badan khusus ini “menganggu” aktivitas HMI-Wati. Seyogyanya semua permasalahan organisasi ini diselesaikan dengan mekanisme organisasi.
Pada perkembangan selanjutnya, berlandaskan ideologi pembebasan, beberapa cabang HMI di daerah menguji cobakan bentuk bentuk baru dari wadah KOHATI, seperti bidang keadilan gender (wilayah Jawa Tengah), lembaga peningkatan partisipasi HmI- Wati (Karawang), bidang peningkatan gender (Ciputat ), dan wadah wadah lain. Hal hal tersebut merupakan euphoria dan pesatnya pemikiran tentang kemandirian perempuan. HMI-Wati menempatkan dirinya untuk mengadopsi pemikiran dari luar dengan berakar pada budaya bangsa sebagaimana yang ditulis oleh mbak Aniswati M Kamaludin, seorang tokoh HMI-Wati:
- KOHATI dituntut untuk tumbuh menjadi putra putri islam yang berpendidikan tinggi
- KOHATI dituntut untuk tumbuh menjadi istri- istri yang bijaksana, kekasih suami yang serba bisa,
- KOHATI dituntut untuk menjadi ibu ibu yang bisa membina anak anaknya menjadi insan akademis, pencipta, pengabdi, yang bertakwa kepada Allah SWT.
- KOHATI dituntut untuk menjadi wanita-wanita dinamis, kreatif dan sadar bahwa ia adalah masyarakat yang mempunyai tanggung jawab terhadap pembangunan bangsa dan negaranya.
Dalam perkembangan selanjutnya, KOHATI secara organisatoris merupakan badan pembantu HMI setingkat sebagai perpanjangan tangan mewujudkan tujuan HMI.
- Untuk internal organisasi HMI, periode pertama KOHATI adalah menata wadah atau konsolidasi, bagi segi struktur operasional maupun personil.
- Disektor eksternal HMI, KOHATI berperan sebagai LSM Perempuan dan ikut serta berperan aktif dalam federasi organisasi keperempuanan di masing masing tingkatanya. KOHATI duduk di forum kerja sama wanita sekber Golkar, KAWI, BKOW (Badan Koordinasi Organisasi Wanita) dan PEMIAT (Persatuan Mahaiswa Islam Asia Tenggara). Kemudian tahun tahun berikutnya KOHATI bergabung dengan KOWANI dan BMOWI (Badan Musyawarah Organisasi Wanita Islam ) bahkan sejak KOHATI ikut bergabung dalam federasi tersebut, kader kader terbaik KOHATI menjadi pengurus organisasi tersebut di tahun tahun berikutnya sampai dengan hari ini. Dimensi eksternal KOHATI pun menyentuh spektrum internasional. Hal tersebut terlihat dengan keterlibatan KOHATI sebagai peninjau bahkan peserta penuh dalam even even internasional (Internasional Seminar, Peace Youth Foundation, AMSEC Meeeting, dll.
Ini membuktikan bahwa kiprah KOHATI terbukti berhasil. Dan dibawah koordinasi kementrian negara pemberdayaan perempuan dan LSM Perempuan, KOHATI ikut serta berpartisipasi dalam kegiatan kegiatan pemberdayaan perempuan.
Setelah selesai mengabdi di HMI, peranan HMI-Wati terus menerus tanpa henti, aktivitas KOHATI bermunculan di yayasan yang bergerak di bidang sosial, pendidikan dan kewanitaan bahkan ada yang bergerak di bidang bisnis, travel, jurnalistik, catering, dll.
Bahkan dunia politikpun di gandrungi oleh alumni KOHATI. Dan senior KOHATI pun membentuk sebuah forum yang hampir sama dengan KAHMI dengan nama Forum Alumni Kohati (FORHATI) pada tanggal 12 desember 1998 di Jakarta.
Daftar Bacaan
Sitompul, Agusalim, Histiografi Himpunan mahasiswa Islam (HmI) tahun 1947- 1993, (Jakarta : intermasa, 1995 )
.……………….., Menyatu Dengan Umat Menyatu Dengan Bangsa, Pemikiran Keislaman Keindonesiaan HMI (1947-1997 ), (Jakarta, Logos, 2002)
KOHATI PB Periode 1994- 1996, KOHATI Dalam Sejarah 1966-1994
Footnotes
- Agusalim sitompul, Histiografi Himpunan mahasiswa Islam Tahun 1947-1993, (Jakarta : Intermassa, 1995), hal 75
- Ibid, hal 209
- Agusalim sitompul, Menyatu Dengan Umat Menyatu Dengan Bangsa, Pemikiran Keislaman Keindonesiaan HmI 1947-1997, (jakarta :logos,2002), hal 229-230
- Korps HMI Wati Dalam Sejarah,1966-1994, KOHATI PB HMI Periode 1994-1996 (Jakarta), hal 13
- Agusalim, Histiografi, Op.Cit, hal 210-211.
- Ibid, hal 174 7. Ibid, hal 210
- Agusalim, Menyatu Dengan Umat, Op, Cit, hal 230
- Agusalim, histiografi, Op, Cit, hal 176
Tidak ada komentar:
Posting Komentar