Translate

Rabu, 29 Mei 2013

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PRAKTIKUM FISIKA BERBASIS LINGKUNGAN GUNA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 MUARA SUGIHAN KABUPATEN BANYUASIN

Rosdiana (email: ummi_dina.12897@yahoo.co.id)

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran praktikum fisika berbasis lingkungan yang valid, praktis, dan efektif, guna peningkatan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Muara Sugihan Kabupaten Banyuasin. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan, dengan subjek penelitian siswa kelas X.2. Serta di SMA Negeri 15 Palembang di kelas X.7 untuk menguji efektivitas media pembelajaran praktikum fisika berbasis lingkungan apakah dapat digunakan selain di tempat subjek penelitian.
Media pembelajaran praktikum fisika berbasis lingkungan berupa: 
  1. Materi Ajar 
  2. Lembar Kerja Praktikum Siswa (LKPS) 
  3. Alat Peraga
Dikembangkan melalui model Rowntree, dengan menggunakan evaluasi formatif Tessmer.
Prototype 1 dinyatakan sebagai desain yang sangat valid menurut expert review and one-to-one evaluation, dengan hasil expert review untuk materi ajar (4,75), LKPS (4,86), dan alat peraga (4,51), sedangkan one-to-one evaluation (4,80).

Prototype 2 sebagai desain yang praktis dan memiliki efek potensial terhadap hasil belajar, ini terlihat dari rata-rata aktivitas pembelajaran (76,25%), aktivitas praktikum (66,35%), keduanya aktif, sedangkan rata-rata participant’s reactions dan participant’s learning (4,20) sangat baik, hasil belajar siswa rata-rata (84,53) tinggi, di tahap small group.






Prototype 2 yang telah direvisi dinyatakan sebagai desain yang efektif dari rata-rata aktivitas pembelajaran (74,476%), aktivitas praktikum (79,12%), keduanya aktif, sedangkan rata-rata participant’s reactions and participant’s learning (4,075) baik, hasil belajar siswa berata-rata (76,65) tinggi, 
dengan rincian 7 siswa atau 20% sangat tinggi, 12 siswa atau 34,29% tinggi, 10 siswa atau 28,57% sedang, dan 6 siswa atau 17,14% yang rendah, sementara itu 0 siswa atau 0% sangat rendah. Hasil angket, tanggapan siswa sangat baik, (83,60%) terhadap media, dan (89,71%) terhadap proses, di tahap field test. 

Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran praktikum fisika berbasis lingkungan berupa materi ajar, Lembar Kerja Praktikum Siswa (LKPS), dan alat peraga yang peneliti kembangkan valid, praktis, dan efektif pada saat pembelajaran pokok bahasan alat-alat optik. kata kunci: pengembangan, media pembelajaran praktikum, berbasis lingkungan, materi ajar, Lembar Kerja Praktikum Siswa (LKPS), alat peraga, hasil belajar.
Poskan Komentar